Berita Foto: Pemprov DKI Kerjasama dengan 14 Lembaga Tanggap Bencana
Minggu, 23 Oktober 2016 - 18:18:27 WIB | dilihat: 223 pengunjung

JAKARTA, Forum PRB Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalin kerjasama dengan 14 lembaga kemasyarakatan tanggap bencana dan perusahaan swasta.

Keempatbelas lembaga tersebut di antaranya: Plan International Indonesia, PMI Jakarta, Orari Jakarta, IOF Jakarta, Jakarta Rescue, dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik Partner of Save the Children Indonesia.

Selain itu juga ada, Wahana Visi Indonesia, Yayasan Tanggul Bencana di Indonesia, Yayasan Kausa Resiliensi Indonesia, Yayasan Aksi Cepat Tanggap, Forum PRB Provinsi DKI Jakarta, PT. Airbus Helicopters, PT. White Sky Aviation, dan PT. Pratama Beverages Solution.

Kerjasama itu diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota DKI Jakarta, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2016).

Gubernur Ahok menjelaskan kerjasama tersebut ditujukan untuk menambah kesiagaan Pemprov DKI untuk menghadapi bencana, seperti banjir.

"Kita hanya menghadapi ancaman rob saja, kalau melintasi 2,9 meter. Itu pun dengan catatan ada rob di atas 2,8 ditambah hujan, baru bencana," kata Ahok.

"Jadi selama ada rob tidak ada hujan, kalau dia tidak lewat, ya nggak masalah," tambah Ahok.

Ruang kerjasama tersebut meliputi: Implementasi program aman bencana dan dukungan transportasi udara saat pelaksanaan penyelenggaraan penanggulangan bencana pada pra bencana hingga pasca bencana.

Selain itu juga meliputi peningkatan peran masyarakat dalam penanggulangan bencana berbasis kota besar. (*)

 

(sumber : Tribunnews)