Kegiatan

PRESS RELEASE

GEBYAR SEKOLAH/MADRASAH AMAN BENCANA; SEPULUH RIBU SISWA AKAN MERAMAIKAN GEBYAR SEKOLAH/MADRASAH AMA

Administrator | Kamis, 19 Januari 2017 - 11:21:54 WIB | dibaca: 1643 pembaca

Pemerintah, Dunia Usaha, Badan PBB, LSM, dan Forum PRB Jakarta, Berkomitmen Mewujudkan ; “Sekolahku Aman, Prestasiku Gemilang” di Provinsi DKI Jakarta

 

(Jakarta, 19 Januari 2017) - Komitmen mereka simbolkan dengan cap tangan pada selembar kain pada acara Gebyar Sekolah/Madrasah Aman Bencana (SMAB).  Pada acara Car Free Day pada Minggu, 22 Januari 2017.  Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono yang memberikan sambutan mengawali kegiatan cap tangan. Sumarsono mengatakan “Gebyar (SMAB) adalah  Sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI)  Jakarta Nomor 187 tahun 2016 tentang Penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana. Ini adalah Pergub pertama di Indonesia yang di dalamnya memuat 10 indikator  Sekolah/Madrasah Aman Bencana (SMAB).


Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Sumarsono menambahkan, “wilayah Provinsi DKI Jakarta dikenal dengan rawan banjir, namun ada ancaman bencana lainnya yang mesti kita waspadai, yaitu ancaman gempa dan tsunami serta angin ribut. Generasi muda harus dilatih agar sadar bencana. Pengetahuan pengurangan risiko bencana harus diberikan sejak dini.

 

Jadi mereka bisa mengetahui apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana. Pendidikannya harus dimulai sejak usia dini. Kalau tidak mereka akan terkaget-kaget. Nanti mereka diberikan juga sosialisasi pada semua sekolah di Provinsi DKI dan diberikan kelengkapannya. Supaya mereka paham peta ancaman bencana di Provinsi DKI  dan pada akhirnya akan bisa mengurangi risiko saat terjadi bencana”.


Sani Dwi Prasetya, Koordinator pelaksana menyampaikan tema Kegiatan Gebyar SMAB “Sekolahku Aman, Prestasiku Gemilang”,dengan hashtag #SekolahMadrasahAmanBencana #GebyarSMAB #Seknas #SekolahAman. Kegiatan ini bisa diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dengan dukungan 38 lembaga swadaya  masyarakat dan dunia usaha di  Jakarta serta  Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Palang Merah Indonesia.  Kegiatan Gebyar SMAB  diselenggarakan berpusat di Bundaran Hotel Indonesia.  Kegiatan ini akan diramaikan oleh 10.000 siswa dari  500 sekolah gabungan dari sekolah dasar, Madrasah Ibtidaiyah, sekolah menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah yang ada di 5 wilayah kota Jakarta yang akan jalan santai.  Gebyar SMAB diramaikan juga dengan panggung hiburan dan pameran SMAB yang berada di 8 booth yang tersebar di ujung jalan Imam Bonjol.


Kegiatan jalan santai akan dilakukan dari patung kuda sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI). Peserta jalan santai akan dilepas oleh  3 (tiga) orang  dari lembaga Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Provinsi DKI Jakarta. Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan  Kantor Wilayah (Kanwil) kementerian Agama  (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta. Pertama adalah H. Husein Murad, Kepala Pelaksana (BPBD) Provinsi DKI Jakarta. Kedua adalah Sopan Adrianto Kepala Dinas Pendidikan Prov. DKI Jakarta. Sementara yang ketiga adalah Dr. Abdulrahman, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta.  H. Husein Murad menyatakan ”Gebyar SMAB merupakan aksi menandai keberhasilan para pemangku kepentingan dalam  mengembangkan program SMAB di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu meneguhkan komitmen stakeholders dalam membangun kerjasama yang berkesinambungan  dalam mewujudkan sekolah madrasah aman dari bencana pada sekitar 5000 sekolah di Provinsi DKI Jakarta. Sumber daya dan sumber pendanaan untuk penyelenggaraan kegiatan Gebyar Sekolah/Madrasah Aman Bencana ini sepenuhnya berasal dari Instansi/Lembaga Non Pemerintah, baik dari Lembaga Swadaya Masyarakat maupun Private Sector yang mempunyai komitmen kuat dalam rangka  implementasi Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 187 tentang Sekolah/Madrasah Aman Bencana”.


Ada 4 tujuan kegiatan ini yang disampaikan Sani Dwi Prasetya yaitu publikasi capaian pengembangan SMAB, publikasi pergup, menumbuhkembangkan pola hidup sehat dan ramah lingkungan dengan jalan santai di area Car Free Day. Selain itu menumbuhkembngkan wahana kreativitas dan sinergisitas dari berbagai pihak terkait di DKI Jakarta.


Pada saat ini, sudah ada lebih dari 20 sekolah di wilayah DKI Jakarta yang menjadi model Sekolah Madrasah Aman Bencana dan Provinsi DKI Jakarta berbangga hati menjadi pelopor dan daerah pertama di Indonesia yang berkomitmen untuk menerapkan seluruh sekolah dan madrasah di DKI Jakarta menjadi aman dari bahaya bencana. Semua pengelola sekolah di DKI Jakarta baik swasta maupun negeri diharapkan  mengikuti panduan SMAB yang sudah ada dalam peraturan gubernur yang ada.


Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Sumarsono  dalam akhir sambutannya  berharap kegiatan ini dapat menjadi titik awal meningkatnya kegiatan sekolah madrasah aman bencana dan mengajak  pihak swasta, orang tua, dan LSM untuk terlibat mensukseskan program ini demi keselamatan anak-anak kita. Kegian ini diwujudkan dengan memberikan komitmen dengan cap tangan pada selembar kain. Kegiaan ini diikuti  perwakilan pemerintah,  lembaga swadaya masyarakat serta dunia usaha.

 

Perwakilan pemerintah diwakili oleh H. Husein Murad, Kepala Pelaksana (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Sopan Adrianto Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Dr. Abdulrahman, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta.  Perwakilan dari lembaga swadaya masyarakat adalah ; Nyoman Iswarayoga, Advocacy & Campaign Director Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save The Children, Oliver Lacey-Hall, Head of UNOCHA Indonesia/ASEAN Liaison Office, Myrna Remata Evora, Country Director Plan International Indonesia. Sementara perwakilan dari dunia usaha adalah ; Dolphin Siregar, Regional Marketing Manager PT. MAYORA, Herry Wijaya, Direktur Utama PT.Selatan Jaya Prima Perkasa/Puru Puru Ko, dan Sani Dwi Prasetio, Ketua Panitia Gebyar SMAB.

 

 

 

Kontak Person :

1.      Sani Dwi Prasetya (Ketua Panitia) - HP.0812.9171.3003

2.      Anton Agus Haryanta (Ketua Forum PRB Jakarta) – HP.0812.8586.7867










Komentar Via Website : 122
Jelly Gamat QnC
20 Januari 2017 - 09:24:26 WIB
sunggguh informasi yang anda bawakan sangat menarik dan bermanfaat, sukses selalu. http://acemaxscare.com/jelly-gamat-qnc/ | http://acemaxscare.com/ | https://goo.gl/rPZuCY
Gejala Penyakit Serangan Jantung
27 Januari 2017 - 08:46:02 WIB
Terimakasih atas infonya. Kunjungi website kami http://tokogamat.com/2017/01/27/gejala-penyakit-serangan-j antung/ Semoga Bermanffaat.
Penyebab Terjadinya Penyakit Aritmia Jantung
30 Januari 2017 - 11:22:11 WIB
Terimakasih atas infonya. Kunjungi website kami http://tokogamat.com/2017/01/30/penyebab-terjadinya-penyak it-aritmia-jantung/ Semoga bermanfaat untuk Anda.
Tips Mencegah Penyakit Chikungunya
31 Januari 2017 - 16:01:30 WIB
Kunjungi website kami http://tokogamat.com/2017/01/31/tips-mencegah-penyakit-chi kungunya/ semoga bermanfaat
Umpan Ikan Mas
18 Februari 2017 - 13:33:05 WIB
sunggguh informasi yang anda bawakan sangat menarik dan bermanfaat, sukses selalu. http://goo.gl/TRKTrA | http://goo.gl/nka7rL | http://essenkilogebrus.com/ | http://goo.gl/B1hwyK
AwalKembali 123... 13 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)