Lintas Sektor

KALAK BPBD DKI JAKARTA MEMBUKA LOMBA CERDAS CERMAT PADA DEKLARASI KONFRENSI NASIONAL SEKOLAH AMAN

Administrator | Sabtu, 03 Oktober 2015 - 11:16:06 WIB | dibaca: 891 pembaca

Deny Wahyu Haryanta (Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta), Surya Rahman Muhammad (Direktur Humanitarian Forum Indonesia/HFI), Ir.Suharti, MA,Ph.D (Kabiro Perencanaan & Kerjasama Luar Negeri KEMENDIKBUD RI),(sumber foto : HFI)

Pemangku Kepentingan Sekolah/madrasah Aman Bencana Berkomitmen Melaksanakan Kerangka Aksi Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana 2015-2030”


FORUM PRB API DKI JAKARTA (Sabtu,03-Okt-2015)
- Bertempat di Gedung D Kantor Kementrian Kemendikbud R.I, telah diselenggarakan Deklarasi Konfrensi Sekolah Aman 2015, dari tanggal 29 - 30 September, disela sela acara tersebut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Prov. DKI Jakarta, Deny Wahyu Haryanta membuka kegiatan Lomba Cerdas Cermas Sekolah Aman Tingkat Sekolah Dasar se DKI Jakarta. Acara di hadiri oleh utusan masing-masing lembaga, Kemdikbud, BNPB, Kemenag, KemPPA, Kemdagri, KemPUPR, DPRD, Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten, Ormas Keagamaan, Konsorsium Pendidikan Bencana, Peserta Didik, Guru dan Tenaga Kependidikan, Perusahaan, Media Massa, PerguruanTinggi, dan Kwartir Nasional Pramuka, dan elemen warga masyarakat lainya.

Berikut catatan/liputan kegiatan tersebut, dimana gars besar kesepakatan tersebut adalah simpul pernyataaan dalam Deklarasi di akhir acara Konferensi Nasional Sekolah aman 2015. “(Konferensi) Ini salah satu upaya melindungi mereka (anak-anak Indonesia). Hal ini dikemukakan Ir.Suharti, MA, Ph.D.,Kepala Biro Perencanaan Dan Kerjasama Luar Negeri KEMENDIKBUD RI dalam sambutan pembukaannya dalam acara Konferensi Nasional Sekolah Aman 2015. Pernyataan ini berdasarkan data Bank Dunia (2010) yang menyebutkan bahwa hampir 76% sekolah di Indonesia berada di daerah rawan gempa.

Menjawab tantangan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2010 telah menerbitkan Surat Edaran (SE) No. 70a/SE/MPN/2010 tentang Pengarusutamaan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di sekolah, sekaligus ikut berkomitmen pada kampanye global ‘Satu Juta Sekolah dan Rumah Sakit Aman’. SE tersebut ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia untuk memperhatikan tiga poin penting yakni: (1) perlunya penyelenggaraan penanggulangan bencana di sekolah; (2) pelaksanaan strategi pengarustumaan PRB di sekolah dilakukan baik secara struktural dan non-struktural guna mewujudkan budaya kesiapsiagaan dan keselamatan di sekolah; dan (3) Surat Edaran ini adalah pedoman untuk melaksanakan strategi pengarusutamaan PRB di sekolah. Di tahun 2010, Konsorsium Pendidikan Bencana (KPB) mendorong terbentuknya Sekretariat Nasional Sekolah Aman (SEKNAS). SEKNAS dikelola oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sejak tahun 2014 SEKNAS Sekolah Aman dikelola olehKEMENDIKBUD .

BNPB mendukung gerakan sekolah aman melalui penerbitan Peraturan Kepala (PERKA) BNPN No. 4 Tahun 2012 tentang Pedoman Penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari bencana. Pernerbitan PERKA ini merupakan aksi tindak lanjut dari Hyogo Framework for Action (HFA) 2005-2015. HFA merupakan komitmen dari 168 negara di dunia untuk menciptakan ketahanan komunitas dan negara dari bencana melalui pelaksanaan PRB dalam lima agenda aksi prioritas. Sebagai kelanjutannya, dalam World Conference on DRR di Sendai Jepang tahun 2015 dihasilkanlah Kerangka Aksi Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana 2015-2030.

Konferensi Nasional Sekolah Aman diselenggarakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 29 September sampai dengan tanggal 30 September 2015 bertempat di Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta. Ada 3 kegiatan yang dilakukan selama konferensi, yaitu Lokakarya Sekolah Aman, Pameran Media Pendidikan Sekolah Aman dan Lomba Cerdas Cermat Sekolah Aman tingkat SD di DKI Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Konsorsium Pendidikan Bencana (KPB) bekerjasama dengan APG (AADMER Partnership Group yang anggotanya terdiri dari PLAN International Indonesia, Save the Children dan World Vision International) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Agama, dan BPBD Provinsi DKI Jakarta.

Lokakarya dilakukan Gedung A diikuti oleh 144 orang perwakilan KEMDIKBUD, BNPB, KEMENAG, KemPPA, KEMDAGRI, KemPUPR, DPRD, Pemerintah Provinsi, Kota dan Kabupaten, ORMAS Keagamaan, Konsorsium Pendidikan Bencana, Peserta Didik, Guru dan Tenaga Kependidikan dan Perusahaan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber berikut : Bpk. Fahturahman - Kepala Bagian Perencanaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bpk. Lilik Kurniawan - Direktur Pengurangan Risiko Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Bpk. Syahrizal - Kepala Bagian Perencanaan Administrasi Wialyah Kementerian Dalam Negeri. , Dari daerah hadir Bpk. Habibul Fuadi, S.Pd, M.Si, - Kepala Bidang Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Padang, Bpk. Nugroho Tri Hutomo - Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, dan Ibu Neti Ekowati - Tim Ketahanan Iklim Kota Bandar Lampung. Narasumber Perwakilan dari sekolah adalah ibu Dana Heli - Kepala Sekolah SDN 03 Duri Utara Pagi Jakarta. Narasumber perwakilan dari LSM adalah Bpk. Untung Tri Winarso -Perkumpulan Lingkar, Bpk. Abidin Tuarita - KONSEPSI, Nusa Tenggara Barat dan Bpk. Longginus Don - Yayasan Flores, Nusa Tenggara Timur. Ada narasumber dari Dunia Usaha, yaitu ibu Candy Sihombing, S.Ip, MA (PT. Trakindo Utama), Bpk. Budi Irianto (Caterpillar Indonesia). Narasumber dari lembaga internasional adalah Bpk. Ardito Kodijat dari UNESCO, dan ibu Nadia Pulmano -ASSI PMT Regional, yang memberikan gambaran strategi komunitas negara ASEAN dalam pelaksanaan Sekolah Aman.

Di Gedung D diselenggarakan Lomba Cerdas Cermat Sekolah Aman tingkat SD di DKI Jakarta. Lomba ini diikuti oleh 32 sekolah dari 6 kota yang ada di Provinsi DKI Jakarta. ,Lomba ini dibuka oleh Drs Denny Wahyu Haryanto, M.Si- Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI. Dewan jurinya terdiri dari 4 (empat) orang yang merupakan perwakilan dari BNPB, KEMENDIKBUD, BPBD DKI dan Dinas Pendidikan DKI. Pemenang lomba sebagai berikut : Juara 1 : SDN Kembangan Selatan 01, Juara II SDN 01 Kamal Muara, Juara III : SDN Duri Utara 05 Pagi, Juara Harapan I : MI Ash Shiddiqin, Kalibaru. Juara Harapan II : SDN Kembangan Selatan 02, dan juara Harapan III SD Santo Mikael.

Kegiatan Pameran di selasar lantai 2 Gedung D diikuti oleh Save The Children, Plan Internasional, UNESCO, KYPA, Perkumpulan KERLIP, Disaster Channel, YTBI, Hope Indonesia. Media yang dipamerkan ada berupa buku, poster, permainan dan film.

Acara Konferensi Nasional ditutup oleh Bpk. Pratomo Cahyo Nugroho, ST dari BNPB. Sebelum penutupan ada penampilan tari dan panggung boneka dari sekolah dampingan YTBI dan Save The Children. Pada akhir acara dibacakan deklarasi untuk mewujudkan sekolah/madrasah aman di Indonesia oleh perwakilan peserta, (1/10/2015/wd).


(sumber : HFI/Deklarasi Sekolah Aman)
Updating by : ratman/pusdalops/F-PRB API DKI JKT











Komentar Via Website : 7
jelly gamat gold sea cucumber
09 Oktober 2015 - 13:41:11 WIB
jum'at berkah, semangaat terus yaaa ^.^ http://goo.gl/NRoSMc | http://goo.gl/Y70oQg | http://goo.gl/ipSe1S
lagu barat terbaru
21 Oktober 2015 - 17:52:11 WIB
sukses selalu buat adminnya
pengobatan jantung bocor secara herbal
04 Februari 2016 - 10:38:27 WIB
mintaku pada tuhan mulia buat sifat dewasa pada diri ini
http://goo.gl/rkOomX
Obat Varikokel
20 Juni 2016 - 09:05:21 WIB
mohon kunjungannya http://goo.gl/yMqVgf, Wow Ini baru informasi yang sangat menarik, sungguh beruntung ada disini http://acemaxscare.com/obat-varikokel-tradisional/ | http://obatjerawat.kesehatan31.com/
Khasiat Ace Maxs
14 Januari 2017 - 15:12:48 WIB
sunggguh informasi yang anda bawakan sangat menarik dan bermanfaat, sukses selalu. By : Hanya Di Website Ini Saja Beli Satu Gratis Satu => http://shink.in/MjCHm <=
http://goo.gl/oYj4Sm | http://goo.gl/6fSfi6 | http://goo.gl/vxbNmb | http://bit.ly/2hhFhHW | http://ow.ly/kfLm307qgYm | http://shink.in/qAa7G | http://goo.gl/E2WODA | http://goo.gl/NWIwG6 | http://acemaxscare.com/obat-luka-bakar/
Cara Ampuh Menyembuhkan Beser (Sering Kencing) Secara Alami
12 Mei 2017 - 14:22:56 WIB
Semangat terus dan buat adminnya sukses selalu
https://goo.gl/jMeKXT
Pengobatan Alternatif Mata Kuning Secara Tradisional
11 Oktober 2017 - 11:27:20 WIB
Selamat sore dan terimakasih telah menyajikan informasinya pada hari ini ? http://goo.gl/80OKLq | http://goo.gl/HtA2xl | http://goo.gl/SuiDxM | http://goo.gl/5oDWki | http://goo.gl/tSUZym |
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)