Lintas Sektor

Kepala Pelaksana BPBD Prov.DKI Jakarta, Menjadi Salah Satu Anggota Panitia Pertemuan AWGWRM di Bali

Administrator | Kamis, 06 Agustus 2015 - 16:35:22 WIB | dibaca: 703 pembaca

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Saat Memaparkan Makalahnya Pada Acara Asean Working Group On Water Resources Managemnet (AWGWRM)

Banjir di DKI Jakarta, menjadi salah satu studi kasus, dalam pertemuan workshop Asean Working Group On Water Resources Managemnet (AWGWRM), tingkat Asean dimana salah satu temanya terkait bencana Hydrometereology di Kawasan Asean

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu anggota panitia The 15th Meeting Of Asean Working Group On Water Resources Managemnet (AWGWRM), yang berlangsung dari tanggal : 05 – 07 Agustus 2015, di Pulau Dewata, Bali. Dimana pada tahun 2015 ini, Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan AWGWRM  yang di koordinir oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dengan topik yang dibawakan oleh Indonesia dalam workshop ini salah satunya adalah tentang banjir Jakarta, yang merupakan kolaborasi informasi dari BNPB, BMKG, BIG, BPPT, BPBD Jakarta, dan BBWS Ciliwung-Cisadane.

Kepala Pelaksana BPBD Prov. DKI Jakarta, Drs. Denny Wahyu Haryanto, M.Si, sebagai anggota panitian di dampingi Kepala Bidang Informatika dan Pengendalian, Bambang Surya Putra, M.Kom, menjadi bagian dari pertemuan tersebut, selains ebagai anggota panitianjuga untuk memaparkan studi kasus terkait Banjir Jakarta.

Selain itu dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing negara peserta, Lembaga Pemerintahan setingkat Kementrian serta para tamu undangan dari berbagai lembaga lainya.

Workshop ini merupakan kegiatan yang bersifat back-to-back dengan rangkaian kegiatan AWGWRM ke 15 yang merupakan hasil rekomendasi dari pertemuan AWGWRM ke -14 di Seam Reap, Cambodia, yang berfungsi sebagai wadah berbagi informasi dalam menghadapi Hydrometeorology Disaster, dengan fokus  teknologi dalam bidang bantuan, pemulihan, dan persiapan dalam menghadapi bencana, serta kerjasama antar institusi nasional dan internasional Negara-negara Asia Tenggara.  

Pertemuan tersebut juga dalam rangka membentuk kerjasama tingkat Asean di bidang lingkungan, khususnya Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air, perlunya diadakan kegiatan bagi para pemangku kepentingan yang dapat merumuskan aksi utama yang terkait dengan suplai, permintaan, dan alokasi, kualitas air dan sanitasi, perubahan iklim dan kejadian ekstrim, serta peran pemerintah dan capacity building.

Untuk bertukar informasi, pengetahuan, pengalaman di antara negara-negara anggota ASEAN dalam melakukan mitigasi dan adaptasi bencana hidrometeorolgi. Serta berbagi pandangan dan gagasan tentang perencanaan partisipatif  berkelanjutan dalam penanganan bencana hidrometeorolgi. Menggali potensi kerjasama antara negara-negara anggota ASEAN dalam mengatasi bencana hidrometeorolgi.

Dari pertemuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan pemahaman regional dalam pengelolaan sumber daya air dan penanggulangan akibat daya rusak air dengan tujuan pencapian keberlanjutan sumber daya air untuk menjamin kulaitas air yang dapat diterima untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Asia Tenggara, dalam hal kesehatan, ketahanan pangan, ekonomi dan lingkungan.

Dalam rangka membangun kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk meminimalkan efek buruk bencana tersebut, diperlukan sebuah kegiatan untuk saling berbagi Informasi dari Negara terkait yang dapat dimanfaatkan untuk langkah-langkah antisipatif meliputi adaptasi, mitigasi, dan penanggulangan bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, kekeringan, kebakaran lahan dan hutan, serta puting beliung memiliki potensi tinggi untuk melanda Negara-negara Asia Tenggara pada tahun 2015.

(sumber data : Kementrian PU & Perumahan Rakyat, Workshop AWGWRM 2015 di Bali. Foto : Kabid Informatika dan Pengendalian BPBD DKI Jakarta).

Update by : ratman










Komentar Via Website : 2
pengobatan tiroid secara herbal
04 Februari 2016 - 10:59:23 WIB
BILA KATA TAK LAGI BERMAKNA LEBIH BAIK DIAM
http://goo.gl/d4YUlD
Obat Varikokel
20 Juni 2016 - 09:06:24 WIB
mohon kunjungannya http://goo.gl/yMqVgf, Wow Ini baru informasi yang sangat menarik, sungguh beruntung ada disini http://acemaxscare.com/obat-varikokel-tradisional/ | http://obatjerawat.kesehatan31.com/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)