Lintas Sektor

PRB

KOLABORASI BMKG-BNPB MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN NASIONAL BERBASIS PENGURANGAN RESIKO BENCANA

Administrator | Rabu, 09 September 2015 - 03:09:44 WIB | dibaca: 808 pembaca

Sentul, Bogor Selasa (8/9) Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya,M.Eng menegaskan ``dari letak geografis Indonesia yang strategis ternyata menyimpan 2 potensi bencana yakni bencana bencana hidrometeorologis dan geologis, sehingga disimpulkan Indonesia merupakan Supermarket bencana, bahkan tidak ada satu negara pun yang mampu mereplikasi keadaan dan potensi bencana yang berkaitan dengan meteorologis di Indonesia`` ujar Dr. Andi Eka dalam paparannya pada Rakornas Pimpinan Bidang Penanggulangan Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Gedung Pusdiklat Penanggulangan Bencana (Ina-DRTG).

Sebagaimana diketahui bahwa BMKG-BNPB telah melakukan kerjasama sejak tahun 2012 dalam hal:a.Pelayanan dan pemanfaatan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, peringatan dini cuaca ekstrim, iklim ekstrim dan gelombang laut ekstrim;b. Pembangunan sarana komunikasi penyebaran informasi gempa bumi dan peringatan dini.c. Analisa Hazard/bahaya bencana akibat gempa bumi dan tsunami, cuaca ekstrim, iklim ekstrim dan gelombang laut ekstrim.d. serta Upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana akibat gempa bumi, cuaca ekstrim, iklim ekstrim, tsunami dan gelombang laut berbahaya.

Dengan adanya kerjasama yang telah terjalin tersebut saat ini BMKG sedang mencoba untuk mengembangkan Sistem peringatan dini berbasis resiko, dan prakiraan berbasis dampak, jadi peringatan hanya disampaikan kepada daerah-daerah yang berdampak dan memiliki resiko saja.

Untuk mewujudkan upayanya tersebut BMKG telah melakukan kerjasama denga Korea untuk bisa melakukan ``self broadcasting``, sehingga hanya daerah tertentu saja yang memang diprediksi oleh BMKG terdampak bencana dengan resiko tinggi.

Rakor terakhir di era kepemimpinan Prof.Dr. Syamsul Maarif mengangkat tema ``Mewujudkan Pembangunan Nasional 2015-2019 Yang Berbasis Pengurangan Resiko Bencana`` turut dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc. Ph.D, Pejabat eselon I-IV BNPB dan pegawai.

 
(sumber : BMKG/BNPB) 










Komentar Via Website : 6
Obat Herbal Batu Ginjal
23 September 2015 - 10:12:42 WIB
pengobatan jantung koroner herbal
04 Februari 2016 - 10:46:54 WIB
KETIKA MENDAPATKAN HAL BARU, HAL LAMA MUDAH DI LUPAKAN

http://goo.gl/bSd4Vs
Obat Varikokel
20 Juni 2016 - 09:06:04 WIB
mohon kunjungannya http://goo.gl/yMqVgf, Wow Ini baru informasi yang sangat menarik, sungguh beruntung ada disini http://acemaxscare.com/obat-varikokel-tradisional/ | http://obatjerawat.kesehatan31.com/
Cara Ampuh Menyembuhkan Beser (Sering Kencing) Secara Alami
12 Mei 2017 - 14:26:31 WIB
Terimakasih atas beritanya bagus menarik, mohon kunjungan nya :)
https://goo.gl/jMeKXT
Pengobatan Alternatif Mata Kuning Secara Tradisional
11 Oktober 2017 - 11:27:36 WIB
Selamat sore dan terimakasih telah menyajikan informasinya pada hari ini ? http://goo.gl/80OKLq | http://goo.gl/HtA2xl | http://goo.gl/SuiDxM | http://goo.gl/5oDWki | http://goo.gl/tSUZym |
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)