Kabar Relawan

Usman Fidaus, Pendiri Komunitas Mat Peci :

Mengajak Warga Untuk Peduli Dan Cinta Kali Ciliwung

Administrator | Selasa, 23 Juni 2015 - 19:34:59 WIB | dibaca: 1184 pembaca

Saung Mat Peci, Sering dikunjungi berbagai tamu, sekaligus sebagai tempat diskusi (foto : ratman/f-prbapidki)

MENDENGAR - Nama Mat Peci, seolah kita diingatkan akan sosok tokoh jagoan yang berkonogatif negatif tempo dulu, dan cukup melegendaris ditengah-tengah masryarakat kita, khususnya masyarakat Pasundan (Jawa Barat) maupun Betawi (Jakarta). Bahkan dalam cacatan kepolisian dan sejarah kriminalitas di tanah air, nama Mat Peci, disejajarkan dengan nama-nama jagoan tempo dulu lainya, seperti Kusni Kadut, Mat Pelor, bahkan Johny Indo, ketika masih jaya-jayanya dulu.

Namun Mat Peci yang satu ini adalah lain, Mat Peci adalah singkatan dari Masyarakat Peduli Ciliwung. Merupakan Komunitas Lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS)
  Ciliwung, atau komunitas sekelompok warga, yang selama ini memiliki komitmen untuk memberikan perhatian terhadap Kali Ciliwung, melalui berbagai program kegiatannya. 

Komunitas Mat Peci, berada di sepanjang jalur Kali Ciliwung, dan sekertariat untuk berbagai kegiatannya, berada di Kelurahan Cikoko, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, tepatnya di belakang Carefur MT Haryono, disini ada sekertariat yang mereka namakan Mat Peci Green 
Camp. 

Dan untuk menuju lokasi Mat Peci Green Camp sendiri tidaklah sulit, dari arah Cawang, belok ke kiri masuk jalan sebelum Carefur MT Haryono, kira-kira lima ratus meter, tepat di belakang Carefur MT Haryono. 

Suasana yang asri, sejuk dengan bermacam pepohonan, seolah-olah kita sedang berada di suatu perkampungan, terpencil jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Hal ini sangat kontras dengan area depan di sepanjang Jl.MT Haryono, yang selalu padat dengan asap kendaraan bermotor.
  Suasana semakin menarik ketika, tuan rumah menyajikan makan   ubi rebus, pisang rebu dan , kacang rebus, ditambah Bir Pletok, minuman khas Betawi yang terasa hangat.  Makanya tidak heran kalau banyak warga yang memanfaatkan area sekitar Mat Peci Green Camp untuk sekedar berteduh, melepas lelah. 

Adalah Usman Firdaus, salah satu tokoh sekaligus pendiri komunitas Mat Peci, siang itu, Jumát (16/05), tampak sibuk, karena ada tiga rombongan tamu, yang pertama rombongan dari Tim Peneliti Pusat Lingkungan UGM, dan yang kedua Tim Peneliti Lingkungan dari LIPI, sedangkan yang ketiga adalah rekan-rekan dari Forum PPRB API Prov. DKI Jakarta, yang memang sudah dijadwalkan akan mengadakan rapat di Mat Peci Green Camp tersebut. 

Menurut Usman Firdaus, keberadaan Mat Peci berdiri sekitar tahun 2009, dan nama Mat Peci sendiri mengambil filosofi karena sebagian besar anggota komunitas pada awalnya waga asli Betawi. 

‚ÄúKegiatan awalnya Komunitas Mat peci, merupakan kelompok tani Cikoko Hijau Lestari. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan memberikan perhatian untuk Kali Ciliwung ini,‚ÄĚJelas Usman Firdaus.¬†

Sekitar tahun 2006, diakui Usman Firdaus dari Komunitas Mat Peci, kondisi Kali Ciliwung masih relative bersih. Pasca banjir tahun 2007, kondisinya mulai berubah, rupanya banjir selain menggenangi berbagai kawasan disekitar DAS Kali Ciliwung, juga membawah tumpukan sampah dimana-mana, disepanjang Kali Ciliwung, kondisi seperti ini menimbulkan persoalan baru bagi lingkungan. 

Diakui Usman, banyak suka dan dukanya sejak awal, ia berkiprah di Komunitas Mat Peci. Tidak sebatas cibiran dan cacian semata, bahkan sampai ancaman fisikpun pernah dialaminya. Kondisi ini dijalaninya dengan sabar dan tekun, melalui program kegiatan yang nyata dan bisa dirasakan langsung oleh warga. Secara lambat laun wargapun semakin pahan dan banyak pihak yang menaruh perhatian keberadaan Komunitas Mat Peci. Saat ini Komunitas Mat Peci sudah memiliki perwakilan yang ada di Kota Depok, tepatnya di Kelurahan kemiri Muka, dengan fokus utama budidaya bambu, karena yang masih banyak disana. Diakui Usman, dari 13 sungai dan 128 aliran yang ada di wilayah DKI Jakarta, masing-masing ada kader-kader yang membentuk komunitas seperti Mat Peci ini. 

Tantangan terbesar yang dirasakan Usman Firdaus dan kawan-kawanya di Komunitas Mat Peci sampai saat ini, adalah bagaimana memberikan pemahaman dan kesadaran kepada warga masrayarakat untuk tidak membuang sampah ke Kali Ciliwung secara sembarangan. Berbagai program dan kegiatan terus dilakukan oleh Komunitas Mat Peci dengan dukungan berbagai pihak untuk memberikan pemahaman dan menumbuhkan kesadaran
  masyarakat, tanpa mengenal lelah. 

‚ÄúDiakui Usman, dirinya masih sering melihat dengan mata kepala sendiri, dengan seenaknya seorang warga melemparkan sekantong plastik yang berisi sampah ke Kali Ciliwung dari mobil mewahnya, tanpa merasa berdosa,‚ÄĚpapar Usman sembari berkaca-kaca, membayangkan bagaimana kawan-kawanya di Komunitas Ciliwung bersusah payah, membersihkan tumpukan sampah setiap hari.¬†

Kondisi seperti ini perlu kesabaran, lanjut Usman Firdaus, Karena ini terkait dengan perilaku dan budaya, untuk merubahnya perlu waktu, dan dukungan dari semua pihak, yang terpenting jangan mengenal lelah untuk terus memberikan kesadaran kepada semua lapisan warga masyarakat. 

Saat ini Komunitas Mat Peci memiliki beberapa divisi program kerja, antara lain ; Konservasi Alam, Olah dan Pilah Sampah Jadi Berkah, Pertanian Perkotaan, Seni dan Budaya, Mat Peci Rescue dan Penanggulangan Bencana (PB), serta Pemberdayaan Masyarakat. 

Beberapa program kegiatan, telah menghasilkan berbagai produk yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh warga yang ada di Komuitas Mat Peci. Disamping itu, beberapa lembaga juga telah memberikan kepercayaan kepada Komunitas Mat Peci untuk menjalankan program kegiatan melalui kerjasama dalam bentuk CSR, dan kerjasama lainya. Sementara dari instansi pemerintah khususnya
  dari Dinas Kebersihan, Komunitas Mat Peci dipercaya untuk menjadi tenaga kebersihan. Saat ini sedikitnya 90 orang dari Komunitas Mat Peci, menjadi petugas kebersihan di sepanjang Kali Ciliwung, mulai dari Kalibata sampai dengan Depok, dengan upah yang  layak, sesuai dengan aturan yang ada. 

Beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, Komunitas Mat Peci antara lain, tanggal 25 Mei 2014, Green Smail, Bersih-Bersih Ciliwung. Dan ada rencana dalam waktu dekat untuk kegiatan arung malam. Pada bulan Juni sekitar tanggal 21-22 akan ada Parade genthek, sekaligus dalam rangka peringatan HUT Prov.DKI Jakarta dan hari Bumi. 

Sementara itu, Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana dan Adapatasi Perubahan Iklim (F-PRB API) prov. DKI Jakarta, Anton Agus Haryanta sangat mengapresiasi keberadaan Komunitas Mat Peci ini. Forum PRD DKI Jakarta akan terus menginventarisir dan merangkul keberadaan komunitas yang berbasis kearifan lokal seperti Komunitas Mat Peci ini. Tinggal mensinergikan antara program kerja yang sudah ada di Komunitas Mat Peci dengan program kerja Forum PRB API DKI Jakarta. 

‚Äú√Źni adalah potensi dan aset yang luar biasa tidak saja bagi warga masyarakat sekitar, tetpi juga bagi Pemprov. DKI Jakarta. Ternyata banyak potensi dengan kearifan lokal seperti ini yang justru, program kegiatananya, bisa dirasakan langsung ditengah-tengah warga masyarakat,‚ÄĚjelas Anton. *** (
ratman/f-prbapidki)











Komentar Via Website : 10
pengobatan kanker payudara herbal
13 Februari 2016 - 10:31:41 WIB
sabtu yang mendung tapi tak memenduka hati ini :D
http://goo.gl/wjsXTH
Obat Herbal QnC Jelly Gamat
26 Februari 2016 - 13:30:56 WIB
kabar terbaru telag datang min
https://goo.gl/CP8pm0
Obat Kusta
25 Maret 2016 - 14:37:54 WIB
Kunjungan yang oke punya
http://ow.ly/ZH1xc


dafer info terbaru KLIK!!!
http://ow.ly/ZH2DW
http://ow.ly/ZJT5U
htt p://ow.ly/ZMQxp

Obat Varikokel
20 Juni 2016 - 09:01:44 WIB
mohon kunjungannya http://goo.gl/yMqVgf, Wow Ini baru informasi yang sangat menarik, sungguh beruntung ada disini http://acemaxscare.com/obat-varikokel-tradisional/ | http://obatjerawat.kesehatan31.com/
Rusmie
11 September 2016 - 22:12:12 WIB
Kontennya bagus-bagus sekali bos. Pake penulis profesional ya? Coba web jasa arsitek rumah murah di www.studio43-arsitekbanjarmasin.com ini juga pake. Pasti mantap pengunjungnya.
Andika
12 September 2016 - 21:57:07 WIB
Infonya sangat berharga sekali. Semoga webnya makin profesional seperti layanan jasa seo https://seohandal.com/ yang handal dan murah di Indonesia ini.
Hpai
16 Mei 2017 - 23:32:41 WIB
mari kita jaga dan rawat kali ciliwung agar kembali pada fungsi nya seperti dulu
http://hpai.my.id
hasan
23 Mei 2017 - 16:00:43 WIB
Kegiatan seperti in harus di tingkatkan. Kepedulian selalu membuat orang bahagia http://citramandiri.id/
Pengolahan air limbah
13 Juni 2017 - 18:01:40 WIB
Wah, keren. Kegiatan ini sangat positif menurut saya. Karena tanggung jawab atas limbah air sungai ciliwung dan sekitarnya bukan hanya tanggungjawab pemerintah, namun juga tanggungjawab masyarakat sekitar

Regard's
https://goo.gl/mPHe8l - Pengolahan air limbah
jansen
25 September 2017 - 18:31:51 WIB
saya cinta indonesia ! saranghae indonesia !

https://situsbandarq.biz/
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)