Lintas Media

Keuangan Mikro

Mercy Corps Indonesia Bangun Aplikasi Keuangan Bagi UMKM

Administrator | Selasa, 23 Juni 2015 - 17:08:29 WIB | dibaca: 849 pembaca

Peluncuran Aplikasi Pendukung Usaha Mikro, Rabu (16/4/2014) Tina Napitupulu, Mercy Corps Indonesia sedang memberikan pelatihan singkat mengenai penggunaan aplikasi Dompet Duit dan Wirausaha dengan smartphone berbasis android yang telah didistribusikan kepada para calon trainer. (sumber foto : Tribunews)

JAKARTA --  Ponsel bukan lagi menjadi barang mewah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJJI) menunjukkan terdapat sekitar 168 juta ponsel di Indonesia dan diperkirakan smartphone mencapai 80 persen.

Ponsel tidak lagi hanya menjadi alat komunikasi dan mengirimkan pesan, namun juga menjadi alat untuk berinteraksi di dunia maya dan menunjang berbagai aktivitas masyarakat Indonesia, termasuk aktivitas bisnis. Di lain sisi, usaha mikro, kecil, dan menengah tengah menggeliat di Indonesia.

Terdapat hampir 60 juta usaha mikro, kecil, dan menengah 98 persem di antaranya adalah usaha mikro yang sebagian besarnya dimiliki oleh kaum wanita. Menyadari akan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi komunikasi melalui ponsel untuk menunjang pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah, Mercy Corps Indonesia (MCI) meluncurkan aplikasi pengelolaan keuangan dan bisnis bernama Dompet Duit dan Wirausaha berbasis platform Android yang ditujukan terutama bagi kaum perempuan pengusaha mikro yang berlangsung di Jakarta pada hari Rabu (16/4/2014).

Agni Pratama, selaku Ketua Pengurus Harian Mercy Corps Indonesia mengatakan di era digital ini, ponsel memiliki peran penting sebagai pintu gerbang informasi. "Fakta ini masih belum banyak disadari oleh masyarakat menengah ke bawah. Kami berharap dengan adanya program aplikasi Dompet Duit dan Wirausaha dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan mengelola keuangan bagi para ibu yang juga menjalankan usaha kecilnya,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Aplikasi Dompet Duit dan Wirausaha merupakan bagian dari program Digital Finance Technology (DigIT). Program ini menekankan pada pemanfaatan teknologi untuk pengembangan usaha kecil, terutama dalam pengelolaan keuangan, perencanaan usaha serta pemasaran.

Kedua aplikasi tersebut ditujukan bagi perempuan pengusaha mikro untuk dapat memberikan pemahaman dan keahlian yang lebih baik dalam mengelola usaha. Lebih lanjut, teknologi ini juga diharapkan dapat memperkuat posisi perempuan di dalam masyarakat.

Meski banyak aplikasi sejenis di android, Dompet Duit dan Wirausaha mempunyai keunggulan tersendiri yakni dilengkapi dengan fitur pencatatan transaksi dan pembuatan anggaran. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur khusus untuk menabung dan fitu audio yang membacakan materi belajar.

Sebagai langkah awal, MCI akan melaksanakan pelatihan yang berlangsung dari tanggal 16-19 April yang bertempat di Jakarta dan Bogor. Dalam kurun waktu dua bulan, MCI akan bekerja sama dengan enam koperasi yang mendedikasikan 50 pengurusnya untuk belajar menggunakan aplikasi ini sebagai modal mengajarkan 2.000 perempuan usaha mikro.

Tidak hanya itu, MCI juga memfasilitasi koperasi untuk dapat terhubung dengan distributor smartphone, sehingga memudahkan anggota koperasi untuk membeli serta kemudian memanfaatkan aplikasi Dompet Duit dan Wirausaha.  

(sumber : Tribunews)










Komentar Via Website : 11
pengbatn gonodok secara herbal
08 Februari 2016 - 09:46:34 WIB
sinng geng SEMANGAT terus walaw hari ni hari SENIN :D
#SalamHerbal72
http://goo.gl/F23aHR
Obat TBC Herbal
15 Maret 2016 - 14:15:47 WIB
assalamualikum
https://obatherbalqncjellygamat.wordpress.com/
http ://ow.ly/ZsJgy
rabu barokalloh
Obat Varikokel
20 Juni 2016 - 08:59:31 WIB
mohon kunjungannya http://goo.gl/yMqVgf, Wow Ini baru informasi yang sangat menarik, sungguh beruntung ada disini http://acemaxscare.com/obat-varikokel-tradisional/ | http://obatjerawat.kesehatan31.com/
Jurig
29 September 2016 - 22:48:07 WIB
Desain situs anda sangat enak dipandang mata. Semoga kontennya kedepan juga demikian.
http://saksirku.com/jasa-seo.html || www.jspo.net/jasa-arsitek/ || http://jasaseo.website/jasa-seo/
Obat Luka Bakar Knalpot Pada Anak
30 Januari 2017 - 10:41:11 WIB
Terimakasih, untuk artikel terbarunya hari senin,
sukses selalu bang.. || https://goo.gl/MuvF9Z || https://goo.gl/gkx1ok ||
|| https://goo.gl/TMEvGL || https://goo.gl/vhUdYw ||
AGM Tech
27 April 2017 - 15:30:33 WIB
Pengusaha UKM juga harus sama canggihnya dengan pengusaha lainnya, dan saya rasa dengan mereka menerapkan sistem keuangan mereka dengan menggunakan teknologi seperti Aplikasi, maka ini akan menjadi contoh akan kemajuan bagi pelaku UMKM lainnya.

Regard's
http://agmtech.co.id/prod ucts.php - AGM Tech
AGM Tech
27 April 2017 - 15:31:13 WIB
Pengusaha UKM juga harus sama canggihnya dengan pengusaha lainnya, dan saya rasa dengan mereka menerapkan sistem keuangan mereka dengan menggunakan teknologi seperti Aplikasi, maka ini akan menjadi contoh akan kemajuan bagi pelaku UMKM lainnya.

Regard's
http://agmtech.co.id/ - AGM Tech

Muktasir
22 Juni 2017 - 08:19:13 WIB
Great post. Keep posting such kind of info on your page. Am really impressed by your blog. link: https://www.distributorseo.co.id/
GYM
22 Juni 2017 - 08:19:52 WIB
I desired to thank you for this exceptional read!! I absolutely enjoyed every single small little bit of it. I’ve you bookmarked your internet site to look at out the new stuff you post.
site: http://www.gymfitnessindo.com
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)