Kabar Relawan

Pemprov DKI Jakarta Bentuk Forum Relawan Siaga Bencana

Administrator | Rabu, 03 Mei 2017 - 11:28:12 WIB | dibaca: 478 pembaca

Gelar Relawan Provinsi DKI Jakarta dalam Rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana

JAKARTA – Dalam rangka menyongsong Hari Kesiapsiagaan Bencana, 26 April mendatang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk Forum Relawan Siaga Bencana. Forum ini beranggotakan 59 organisasi penggiat penanggulangan bencana yang akan aktif membantu Badan penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Pembentukan Forum Relawan Siaga Bencana ini dilakukan melalui Apel Gelar Relawan Siaga Bencana yang digelar di halaman Balaikota DKI Jakarta, Kamis (13/04) yang di pimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Prov.DKI Jakarta,  Sumarsono.

Sebanyak kurang lebih 1000 orang peserta yang terdiri dari unsur BPBD Prov.DKI Jakarta, BNPB, Badan Penyelamatan dan Pencarian Republik Indonesia, SKPD terkait dan organisas/lembaga penggiat penanggulangan bencana.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun partisipasi dan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah melalui semangat gotong royong untuk meminimalisir akibat dampak bencana yang diwadahi dalam bentuk Forum Relawan Siaga Bencana Provinsi DKI Jakarta.

Disamping itu, juga sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas peran aktif dan ketangguhan relawan dalam menghadapi bencana, menjadikan relawan sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam pengurangan resiko bencana serta mensinergikan peran antar sesama relawan maupun instansi terkait. Serta untuk menyongsong Hari Kesiapsiagaan Bencana, 26 April mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Prov.DKI Jakarta, Sumarsono, disela-sela Apel Relawaan Siaga Bencana kepada awak media mengatakan, bahwa melalui forum inilah mereka akan diberikan apresiasi. Saya harap forum ini bisa terus berkembang dengan baik.

Sementara itu, Kepala BPBD DKI Jakarta, Husein Murad mengatakan, dalam penanganan bencana merupakan tanggung jawab bersama sehingga diperlukan kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder lainnya. Sehingga, bencana dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

“BPBD Provinsi DKI Jakarta sebagai SKPD yang mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terpadu. Dan perlu diketahui, bahwa pembentukan Relawan Siaga Bencana mengacu pada amanat Undang Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana,”jelas mantan Wakil Walikota Jakarta Timur.

Sekilas Kondisi Provinsi DKI Jakarta :

Jakarta merupakan Ibukota Negara Republik Indonesia, sebagai Pusat Pemerintahan, Aktifitas Politik, Ekonomi yang berpenduduk Multi Etnis dan Agama merupakan barometer dari provinsi lainnya. Jakarta memiliki luas 662 km2 berpenduduk ±10.177.924 dengan kepadatan penduduk ±15.366,87 jiwa/km2. Jakarta secara geografis hampir 40 % merupakan dataran rendah yang artinya dibawah permukaan air laut, dilewati 13 sungai yang hulunya berasal dari luar Jakarta dan memiliki curah hujan ekstrim hingga 360 mm per hari.

Dengan melihat kondisi tersebut, Jakarta memiliki potensi bencana seperti : Banjir, Kebakaran Gedung dan Pemukiman, Gempa bumi, Puting Beliung, Wabah Penyakit, dan Konflik Sosial.

Bencana merupakan interaksi dinamis antara Ancaman, Kerentanan dan Kapasitas, sehingga Ancaman dapat menimbulkan bencana apabila manusia dalam kondisi rentan dan tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi ancaman tersebut. Namun dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dapat mengurangi kerentanan terhadap ancaman tersebut. Bencana tidak dapat ditanggulangi oleh Pemerintah Daerah saja, tetapi harus ada kerjasama antara Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha, sehingga apabila terjadi bencana dapat ditanggulangi secara cepat dan tepat.

Acara Gelar Relawan Siaga Bencana Provinsi DKI Jakarta, diakhiri dengan penandatangan kesepakatan bersama dan pembacaan ; Deklarasi Relawan Bencana di Provinsi DKI Jakarta.

Berikut adalah isi DEKLARASI RELAWAN BENCANA DI PROVINSI DKI JAKARTA.

“Kami Relawan Penggiat Penanggulangan Bencana Siap”

  1. Bernaung dalam Forum Relawan Siaga Bencana Provinsi DKI Jakarta.
  2. Melaksanakan azas dan prinsip penanggulangan bencana sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007.
  3. Menjadi Mitra Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana
  4. Bersinergi dengan sesama relawan serta institusi terkait, dalam melakukan upaya penanggulangan bencana demi terwujudnya “JAKARTA TANGGUH BENCANA”










Komentar Via Website : 31
QNC JELLY GAMAT
10 Mei 2017 - 15:42:00 WIB
Cara Ampuh Menyembuhkan Beser (Sering Kencing) Secara Alami
12 Mei 2017 - 11:03:34 WIB
Sungguh artikel ini sangat menarik dan bagus, semoga bermanfaat bagi kita semua . aminn
https://goo.gl/jMeKXT
Cara Ampuh Menyembuhkan Dermatitis Secara Alami
13 Mei 2017 - 11:22:46 WIB
Artikel yang sangat bagus, semoga sukses
https://goo.gl/oenoqz
Mengatsi ablasi retina
24 Mei 2017 - 15:49:28 WIB
Harus selalu siaga terhadap bencan, terima kasih informasinya
https://goo.gl/G7Jz5p
Umpan Ikan Lele liar
24 Juli 2017 - 14:00:44 WIB
thankyou for information
https://goo.gl/hmvqwX
AwalKembali 123... 4 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)