Kabar Relawan

SIARAN PERS Milad ke : 7 (tujuh) Mat Peci

Administrator | Sabtu, 09 Januari 2016 - 05:41:54 WIB | dibaca: 948 pembaca

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta
Mencanangkan Gerakan Bersama Masyarakat Untuk Ciliwung
“SELAMATKAN DAN LESTARIKAN YANG TERSISA”

Jakarta, (Sabtu, 09-Januari 2016) :
Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci), merupakan komunitas yang dibentuk oleh masyarakat yang mempunyai kesamaan pandangan terhadap kebersihan, keindahan, keasrian dan kelestarian lingkungan.

Menginjak usianya yang ke 7 (tujuh) tahun, Mat Peci mengalami pasang surut dan dinamika yang menjadi tantangan tersendiri bagi perkembangan Mat Peci dengan keadaan Sungai Ciliwung yang mengalami kerusakan fisik lebih banyak terjadi oleh ulah manusia, mulai dari sampah, pengambilan paksa daerah bantaran atau Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung untuk pemukiman dan pencemaran limbah domestik dan industri.

Atas dasar itulah Mat Peci berupaya untuk tetap eksis dalam melestarikan DAS Ciliwung yang tersisa di Wilayah Provinsi DKI Jakarta dan daerah penyangga yaitu Depok dan Bogor agar tidak habis dan lenyap begitu saja akibat penyerobotan oleh manusia dan pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan DAS Ciliwung.

Sebagaimana sumber yang dilansir dari
Jaringan Rakyat Sadar Lingkungan Hidup Gede Pangrango Salak (Jarak Saling GPS), yang selama ini konsen pada isu-isu lingkungan hidup dan  DAS Hulu Ciliwung bahwa tutupan hijau wilayah Puncak, Kabupaten Bogor yang merupakan hulu dari DAS Ciliwung semakin berkurang, diperkirakan hanya tinggal seluas 9,2% dan semakin mengecil.

Dan pada periode tahun 2000 – 2009 tutupan
lahan yang musnah di DAS Ciliwung mendekati 5.000 hektar. Dari enam DAS di Kabupaten Bogor yang mengalir ke Provinsi DKI Jakarta hanya DAS Ciliwung yang memiliki tutupan hijau, 3,566 hektar saja atau  (12,2 %). Secara total persentase tutupan hutan dari enam DAS yang mengalir ke Provinsi DKI Jakarta hanya 4,30 %, sangat kritis untuk menyangga wilayah ibukota. Kawasan DAS Ciliwung memiliki luas total hampir 39.000 hektar dan 29.000 hektar berada di wilayah Kabupaten Bogor.

Degradasi kawasan puncak dan menurunnya daya dukung lingkungan berdampak terhadap persoalan lingkungan
. Jika selama ini kawasan puncak selalu dikaitkan dengan persoalan banjir di Jakarta, ternyata persoalan lingkungan di hulu juga terjadi dengan semakin berkurangnya sumber mata air seiring dengan hilangnya fungsi serapan air.

Untuk itu dalam rangka memberikan semangat dan dukungan kepada para Relawan Mat Peci serta warga masyarakat sekitar DAS Ciliwung, dalam Milad ke-7 (tujuh) Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, M.Si  
berkenan Mencanangkan Gerakan Bersama Masyarakat Untuk Ciliwung, “Selamatkan dan Lestarikan yang Tersisa”, diawali dengan pemukulan Kentongan, sebagai pertanda kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga dan melestarikan DAS Ciliwung serta lingkungan sekitarnya.

Selain Koperasi Mat Peci Tangguh yang akan di Launching pada milad tersebut, kedepan Green Camp Mat Peci juga akan di-lengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti Rumah Baca, Sarana Sekolah Alam/Sarana Edukasi Lingkungan, Pusat Penelitian, dan lain-lainya.

Semangat itulah yang ingin dicapai dari rangkaian kegiatan Milad ke 7 (tujuh) Mat Peci, paling tidak menjadikan DAS Ciliwung sebagai hutan kota dan taman edukasi konservasi alam untuk memberikan pencerahan dan informasi bagi masyarakat demi kepentingan kons
ervasi alam dan pelestarian lingkungan, mencetak kader-kader lingkungan yang diharapakan dapat menjadi satgas perlindungan dan pelestarian alam yang berbasis masyarakat.

Kedepan Mat peci juga siap membangun kemitraan dengan berbagai pihak, masyarakat, pemerintah, sektor swasta dan media massa dalam upaya menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan baik di DAS Ciliwung maupun wilayah lainya.

Adapun Acara Milad Mat Peci ke 7 (tujuh) akan dilaksanakan pada :
Hari, Tanggal  : Minggu, 10 Januari 2016
Waktu             : Pukul. 08.00 s/d 12.00 WIB

Tempat            ; Mat Peci Green Camp Ciliwung Wilayah Srengseng Sawah, Jagakarsa
                          Jl.Arus, Rt.007/Rw.01, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan
                          (masuk dari halte Sybi,seberang UI Depok,sebelum Jembatan Jl.Askses
                          UI/Univ.Gunadarma, Kelapa Dua).


Agenda Acara : Milad Ke : 7, Mat Peci

 

No

WAKTU

URAIAN

KET

01

08.00 WIB

Pembukaan

-          MC

02

 

Sambutan – Sambutan :

 

 

tentatif

  1. Ketua Mat Peci/Panitia Refleksi 7 Tahun Mat Peci

-          Bpk. Usman Firdaus

 

  1. Wakil Gubernur Prov. DKI Jakarta,

-          Bpk.Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, M.Si

03

Pencanangan Kegiatan Gerakan Bersama Masyarakat Untuk Ciliwung

-          Bpk.Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, M.Si ditandai dengan  pemukulan  Kentongan.

04

Penanaman Pohon

-          Tim Panita

05

Sebar Bibit Ikan

-          Tim Panita

06

Aksi Bersih-Bersih Ciliwung

-          Tim Panita

07

Launching Koperasi “Mat Peci Tangguh”

-          Dinas Koperasi UKM Prov. DKI Jakarta

08

Santunan Anak Yatim dan Dhuafa : 75 Anak

-          Tim Panitia

09

Hiburan Seni Budaya :

  1. Pentas Gambang Kromong
  2. Atraksi Pencak Silat Betawi
  3. Palang Pintu, dll

-          Tim Panitia

10

Pameran Foto

-          Tim Panitia

11

Ramah Tamah

-          Tim Panitia

 

SEKILAS TENTANG MAT PECI :

Mat Peci (Masyarakat Peduli Ciliwung), merupakan Komunitas Lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS)  Ciliwung, sekelompok warga, yang selama ini memiliki komitmen untuk memberikan perhatian terhadap Sungai Ciliwung, melalui berbagai program kegiatannya.

Berdiri sejak tanggl 11 Januari 2009, dengan Ketua/Tokoh pendirinya, Bpk. Usman Firdaus, S.Kom, dimana awal mulanya merupakan kelompok Tani Cikoko Hijau Lestari, dengan pusat kegiatannya di belakang Carefour MT Haryono, Kel.Cikoko, Kec.Pancoran, Jakarta Selatan. Seiring dengan adanya penantaan dan betonisasi sepanjang Kali Ciliwung maka Mat Peci mengalihkan pusat kegiatanya ke Green Camp di Jl.Arus, Rt.007/Rw.01, Kel.Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Komunitas Mat Peci, berada di sepanjang jalur Sungai Ciliwung, sampai saat ini ada sekitar 21 binaanya yang berada dan tersebar di beberapa wilayah dengan pusat kegiatannya di posko (bascame) mulai dari Depok, Jakarta Tiimur, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, dan kali Krukut serta beberapa posko sepanjang DAS lain di wilayah Jakarta Barat. Masing-masing Posko/Bascame terdiri dari 6 (enam) orang relawan. Menurut Ketua Mat Peci, Usman Firdaus, dari 13 sungai dan 128 aliran yang ada di wilayah DKI Jakarta, masing-masing ada kader-kader yang membentuk komunitas seperti Mat Peci ini.

Saat ini Komunitas Mat Peci memiliki beberapa divisi program kerja, antara lain ; Konservasi Alam, Olah dan Pilah Sampah Jadi Berkah, Pertanian Perkotaan, Seni dan Budaya, Mat Peci Rescue dan Penanggulangan Bencana (PB), serta Pemberdayaan Masyarakat.

Prinsip dan filosofinya sederhana, ‘Kalau Bukan Kita yang Peduli Sama Sungai Ciliwung, Siapa Lagi yang Akan Menjaganya’


Jakarta, 09-Januari-2016

Kontak Person :

1. Bpk. Usman Firdaus, S.Kom (Ketua Mat Peci) – HP.0856.9323.4212,
2. Tim Panitia/Humas – HP 0812.8653.0004